Kamis, 02 Februari 2012

VISI MISI FAKULTAS EKONOMI oleh : Bapak Hatta Ruddin, SE, AK, MM (Dekan Fakultas Ekonomi)

MEWUJUDKAN LANDASAN PELAKSANAAN OTONOMI PERGURUAN TINGGI MENUJU FE - UGL
TERDEPAN YANG BERWAWASAN GLOBAL, ILMIAH DAN PROFESIONAL

Sebagai Dekan Yang Resmi Baru di lantik , pada Bulan Desember Lalu Hattarudin, SE, Ak, MM, Beliau Menyimpulkan ada empat kata kunci dalam Menjalankan Visi nya, yaitu Otonomi Perguruan Tinggi, terdepan,  wawasan global, Ilmiah dan Profesional.
Dengan adanya otonomi perguruan tinggi diharapkan FE-UGL menjadi pusat penyelengaraan dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi sebagai suatu masyarakat ilmiah yang penuh cita-cita luhur, masyarakat berpendidikan yang gemar belajar dan mengabdi kepada masyarakat serta melaksanakan penelitian yang menghasilkan manfaat meningkatkan mutu kehidupan masyarakat.
        Dengan demikian, terwujudnya landasan otonomi perguruan tinggi tersebut diharapkan akan mampu untuk membawa masyarakat dan Kabupaten Aceh Tenggara terdepan menuju kemajuan bidang pendidikan, kejayaan dan kesejahteraan yang dicita-citakan melalui pemanfaatan secara berkeadilan, optimal dan terkendali terhadap seluruh sumberdaya yang dimiliki.   Kebutuhan dan keinginan Kabupaten Aceh Tenggara  terdepan, khususnya di Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam sangat relevan mengingat fungsinya sebagai daerah yang berbatasan dengan ibukota Sumatera Utara dan diharapkan dapat menjadi pusat kemajuan pendidikan, kebudayaan dan perekonomian. 
        Wawasan global sebagai persyaratan FE UNIVERSITAS GUNUNG LEUSER dalam membangun Kabupaten Aceh Tenggara untuk mencapai kemajuan, kejayaan dan kesejahteraan yang dicita-citakan.  Hal tersebut tidak dapat dilepaskan dari sejarah Aceh Tenggara dimana bisa dihuni oleh bermacam-macam suku dan agama dengan rukun dan damai.
         Ilmiah dan Profesional merupakan ketentuan yang diamanatkan dalam Sistem Pendidikan Nasional bahwa pendidikan tinggi adalah kelanjutan pendidikan menengah yang diselenggarakan untuk menyiapkan peserta didik menjadi masyarakat yang memiliki kemampuan akademik.
Dengan demikian, dalam rangka mewujudkan pengelolaan perguruan tinggi di daerah yang profesional dan bermutu diharapkan akan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Kabupaten Aceh Tenggara, berbangsa dan bernegara. Sumberdaya sosial (social capitals) perlu digali dan dimanfaatkan untuk mendukung proses pembangunan dalam rangka tercapainya pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development) demi terwujudnya masyarakat Kabupaten Aceh Tenggara  yang maju, sejahtera dan agamis/religius.
       Sejalan Untuk Menunjang Visi Tersebut Bapak Hattarudin, SE, Ak, MM, Juga Mempunyai Misi, Yaitu ” Meletakkan landasan untuk mewujudkan FE-UGL yang maju, bermutu, dan memiliki kemampuan akademik sebagai pusat penyelanggaraan dan pengembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi yang dapat meningkatkan mutu kehidupan masyarakat”
Didalam misi itu terkandung Tiga pokok Unsur Yang mampu Mewujudkan Misi Dekan Fakultas Ekonomi Tersebut, Yaitu : Pertama,  meletakkan landasan untuk mewujudkan FE-UGL yang maju, bermutu, dan memiliki kemampuan akademik sebagai pusat penyelengaraan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai suatu masyarakat ilmiah, masyarakat yang gemar belajar dan penuh pengabdian serta melaksanakan penelitian.
Kedua, menjadikan FE-UGL Sebagai pusat penyelengaraan dan pengembangan ilmu pengetahuan yang profesional, berwibawa, serta berdedikasi yang penuh dengan pengabdian tinggi.
Ketiga, melakukan penelitian dan pengabdian guna mencapai masyarakat yang maju, sejahtera, dan agamis yang memiliki kemampuan akademik.
Tujuan Visi dan Misi
Untuk mencapai visi dan misi FE-UGL yang telah dirumuskan, maka tujuan pelaksanaan, pembangunan dan pengembangan pendidikan selama masa jabatan Dekan Fakultas Ekonomi, Dekan Mengarah kan visi dan misi nya  untuk beberapa tujuan, Yaitu : petama, mewujudkan landasan untuk pelaksanaan otonomi perguruan tinggi pada tahun 2008 sebagai instrumen bagi FE-UGL untuk membangun internalnya  secara  mandiri dengan menekankan pada prinsip-prinsip demokrasi, transfaransi, akuntabel, peran-serta masyarakat, pemerataan dan keadilan, serta memperhatikan potensi dan keaneka-ragaman sumber daya intelektual yang ada.
Kedua, “mewujudkan pengelolaan yang baik  dan Fungsionaris yang berwibawa, berorientasi terhadap peningkatan mutu pendidikan fungsionaris dan profesionalisme, dan berdedikasi pengabdian yang tinggi.
Ketiga, menyusun struktur dan sistem manajemen FE-UGL yang secara nyata dan bertanggungjawab mulai dari kepengurusan jabatan struktural sampai fungsionaris sesuai dengan keahliannya masing-masing untuk dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pelaksana dalam mendidik, membangun dan mengembangkan sekolah tinggi.
Keempat,   menggali dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi  untuk selanjutnya dapat diaktualisasikan dan diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat dan pengelolaan Pemerintah Daerah secara konsisten.
Kelima, meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan ketrampilan mahasiswa untuk menghadapi persaingan kerja yang sangat kompetitif ke depan dalam rangka otonomi daerah serta era globalisasi dan perdagangan bebas. Dan Yang terakhir, “Memberdayakan seluruh potensi dan kekuatan akademis, khususnya Tri Dharma Perguruan Tinggi, untuk meningkatkan pengembangan, pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian).

Sasaran Visi dan Misi

Pertama, tersusunnya landasan pelaksanaan FE-UGL pada tahun 2008 secara sistematis dan operasional sebagai pedoman dan arahan bagi Sekolah tinggi untuk membangun daerahnya secara mandiri dengan menekankan pada prinsip-prinsip demokrasi, transfaransi, akuntabel, peran-serta masyarakat, pemerataan dan keadilan, serta memperhatikan potensi dan keaneka-ragaman sumber daya intelektual yang ada.
Kedua, terwujudnya pengelolaan yang baik dimana para pelaksana sekolah tinggi yang berwibawa, berorientasi terhadap peningkatan mutu dan profesionalisme, dan berdedikasi pengabdian yang tinggi mampu bertindak sebagai fasilitator untuk memeran-sertakan seluruh pelaku pembangunan (stakeholder) dalam suatu bentuk kerjasama/kemitraan yang sinergis.
Ketiga, terwujudnya struktur dan sistem manajemen FE-UGL yang produktif, efektif, dan efisien yang secara nyata mulai dapat merealisasikan perwujudan FE-UGL yang maju, aman, bermutu, religius, dan rapi untuk dapat melaksanakan fungsinya sebagai pusat pengembangan dan penyelenggaraan serta sebagai pusat kemajuan, pendidikan, kebudayaan dan perekonomian.
Keempat, terwujudnya sistem dan iklim pendidikan yang demokratis dan partisipatif untuk mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pemberdayaan masyarakat  serta menurunkan ketergantungan masyarakat kepada pemerintah dalam mencapai kehidupan yang lebih baik.
Kelima, meningkatnya kesejahteraan masyarakat melalui sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua masyarakat agar berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.
Keenam, dengan banyaknya mahasiswa PNS bisa mewujudkan Aparatur Pemerintah Daerah yang kinerja tinggi dan berwibawa yang berorientasi kepada pelayanan masyarakat, profesional, dan berdedikasi tinggi.

strategi
Demi pencapain visi dan misi tersebut, Dekan Fakultas Ekonomi memiliki Starategi, Yaitu: Pertama, restrukturisasi dan revitalisasi kelembagaan FE-UGL untuk meningkatkan kapasitas, produktivitas, efektivitas dan efisiensi, khususnya dalam menghadapi otonomi daerah.
Kedua, memacu meningkatnya kualitas sumberdaya manusia, baik fungsionaris maupun mahasiswa, terutama melalui aspek pendidikan, penelitian dan pengabdian.
Ketiga, meningkatkan proses pembelajaran yang mendidik dan dialogis dengan peningkatan keprofesionalan pendidik dan tenaga kependidikan.
Keempat, penyelenggaraan pendidikan yang terbuka dan pelaksanaan otonomi manajemen pendidikan.

        Dengan Strategi tersebut diharapkan visi, misi, dan tujuan pelaksanaan pengelolaan pedidikan Fakultas Ekonomi UNIVERSITAS GUNUNG LEUSER  dapat terwujud secara efektif dengan melibatkan berbagai pihak secara aktif dalam penyelegaraan pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar